Senin, 03 Juni 2013

Permainan Paintball Leader

Paintball adalah permainan yang diambil dari konsep perang. Strategi, kecerdasan, ketangkasan, dan ketegasan pemimpinlah yang akan menjadikan tim menang atau kalah. Sebagaimana perang sesungguhnya yang mempunyai lawan, permainan Paintball ini juga menjadikan tim lain sebagai lawan. ada beberapa tipe permainan dalam permainan Paintball, yaitu saling menembak sampai satu tim habis semua, atau perebutan bendera. Jadi, siapa yang mendapatkan bendera, dialah yang akan menjadi pemenang.

Gambar : Permainan Olahraga Paintball Leader

PERALATAN
Peralatan yang dibutuhkan adalah :
  1. Rompi (body vest)
  2. Kacamata (goggle)
  3. Baju lengan panjang, Celana panjang, sarung tangan, dan sepatu.
  4. Marker (senjata/senapan).
  5. Hooper atau Loader
  6. CO2 Tank, dan Paintball
Marker adalah senjata yang dipegang oleh setiap peserta yang berbentuk senapan, sementara Hooper atau Loader adalah tempat untuk menampung paintball. Selain itu, COTank adalah tangki yang berisi gas CO2 yang dipasang dibelakang Marker. Adapun peluru yang digunakan disebut sebagai paintball. Kenapa disebut demikian.? Karena peluru tersebut berisi cat-cat yang ketika ditembakkan dan mengenai orang atau lawan, akan pecah dan mengeluarkan warna. Paintball terbuat dari karet sintetis dan bentuknya kecil seperti kelereng.

Gambar : Senjata (Marker) untuk Olahraga Paintball

CARA BERMAIN
Untuk melakuakn permainan paintball ini dapat diuraikan sebagai berikut:
  1. Minimal peserta 2 (dua) tim, anggota tim minimal 5.
  2. Sebelum permainan berlangsung, setiap tim diberikan waktu untuk berunding (merundingkan) strategi (siasat) seperti apa yang akan digunakn untuk melumpuhkan lawan oleh masing-masing tim.
  3. Selain itu, wasit atau fasilitator mengarahkan kedua tim dan mengamati apabila terjadi kecurangan.
  4. Setiap anggota yang tertembak dalam tim harus keluar dari arena permainan dan tidak boleh mengikuti permainan lagi.
  5. Tim yang memenangkan permainan ini adalah tim yang masih mampu bertahan hidup atau tim yang paling dahulu mendapatkan bendera yang sudah dipasang oleh fasilitator atau wasit.

Gambar : Permainan Paintball

MAKNA PERMAINAN
Permainan ini membutuhkan ketangkasan dan kecerdasan. Ketegasan pemimpin menjadi faktor kunci kemenangan, selain itu, ketaatan aggota tim terhadap pemimpin adalah salah satu kunci yang akan menjadikannya kuat dan mampu mengalahkan lawan. Menentukan strategi tentu saja butuh perundingan khusus, setiap individu akan menyatakan pendapatnya masing-masing, sehingga ketika menemukan banyak pendapat, seseorang pemimpin berhak menentukan pilihannya dengan tegas.
Ketegasan memiliki peranan yang sangat penting ketika dihadapkan kepada pilihan, hal ini mengakibatkan seseorang merasa mempunyai kekuatan karena telah mampu memilih jalan hidupnya. Tanpa ketegasan, kehidupan akan terasa membingungkan, begitu pula ketika kamu akan memilih jalan hidupmu, ketegasan menjadi fkator kunci dalam memilih.

Sumber :
  1. Malahayati, Murti Tendi Krishna, "50 Permainan Edukatif untuk Mengembangkan Potensi dan Mental Positif", Citra Aji Parama, Yogyakarta, 2012

1 komentar:

  1. NEW PROMO S1288POKER PROMO CASHBACK DEPOSIT 10% S1288POKER KHUSU BULAN JANUARI 2019
    YUK GABUNG UNTUK INFO LEBIH LANJUT SILAKAN HUBUNGI KONTAK DI BAWHA INI

    PIN BBM : 7AC8D76B
    WA : 08122221680

    BalasHapus