Senin, 03 Juni 2013

Permainan Edukatif Evakuasi Bambu

Evakuasi Bambu? mungkin dalam pikiran anda terlintas sejenak orang-orang yang sedang melakukan evakuasi bambu, tentu saja bukan itu, namun lebih tepatnya jenis permaian ini menggunakan media bambu untuk lelakukan evakuasi. Apa yang dievakuasi.? tentu saja bukan korban bencana tapi pada permainan ini para pemain dituntut untuk mengeluarkan bola pimpong yang ada didalam bambu, dimana diameter bambu yang digunakan untuk menampung air yang akan dituangkan lebih besar dari bambu yang digunakan untuk mengambil air yang akan digunakan untuk mengeluarkan bola pimpong dari dalam bambu yang berdiameter lebih besar tersebut. 
Cara untuk menuangkan air kedalam bambu yang terdapat bola pimpong setiap peserta harus menggunakan tali yang telah disediakan dan terikat pada bambu yang akan digunakan untuk mengambil air.

Gambar. Evakuasi Bambu
Sumber : http://tpccorporation.com/berbagai-macam-permainan-outbond/.html

PERALATAN
Peralatan yang akan digunakan pada permainan ini tidaklah sulit, berikut adalah alat yang akan digunakan pada permainan ini:
  1. Bola Pimpong.
  2. Bambu dengan diameter berbeda. 1 Kecil dan 1 besar (untuk tempat bola pimpong yang akan diambil).
  3. Tali secukupnya.



CARA BERMAIN
Cara permainan dan memainkan permaian ini cukup unik dan tentu saja sangat menyenangkan dan mengembirakan, berikut adalah tatacara melakukan permainan ini:
  1. Tiap kelompok terdiri dari 2-4 orang, dan harus berlomba untuk mengeluarkan bola pimpong dari dalam bambu, dengan cara menuangkan air kedalam bambu yang berisi bola pimpong dengan menggunakan bambu yang terikat oleh tali.
  2. Cara menuangkannya, bambu yang berisi air hanya boleh diangkat dengan menggunakan tali yang telah disediakan (yang sudah terikat pada bambu).
  3. Saat melakukan evakuasi, anggota badan dari setiap peserta tidak boleh melewati batas aman dari daerah yang sudah ditentukan.
Cukup simpel bukan,.? walaupun  simpel tapi permainan itu sedikit rumit, dah memerlukan kerja sama dan komunikasi antar peserta dalam tim yang baik.



MAKNA PERMAINAN
Tanpa kita sadari dari setiap permainan yang kita lakukan ataupun kita ajarkan pada anak-anak atapun kita sendiri yang melakukan banyak nilai-nilai edukatif yang kita terima atau kita ajarkan. Seperti nilai kedisiplinan, komunikasi, kerjasama, dan gotong royong. Nah sekarang kita bertanya, "memang nilai edukatif apa yang ditanamkan pada permainan ini.?". Ok baik sekarang kita bahas.
Pada awalnya, setiap kelompok tidak di instruksikan langsung memilih seorang pemimpin diantara mereka. Namun, ditengah perjalanan permainan setiap kelompok akan memilih pemimpin kelompoknya baik secara sadar maupun tidak sadar, atau orang yang paling menonjol dalam memberikan instuksinya lah yang akan menjadi pemimpin. Dari sana, kita bisa mempelajari bahwa secara tidak langsung ataupun secara langsung sebenarnya kita adalah pemimpin, minimal memimpin diri kita sendiri. Tinggal bagaimana kita mengasah gaya kepemimpinan kita. Selain itu juga permainan itu mengajarkan arti dari kerjasama, dan toleransi.

SUMBER
  1. Malahayati, Murti Tendi Kusnandar,"50 Permainan Edukatif untuk Mengembangkan Potensi dan Mental Positif", PT. Citra Aji Parama, Yogyakarta, 2012.

1 komentar:

  1. NEW PROMO S1288POKER PROMO CASHBACK DEPOSIT 10% S1288POKER KHUSU BULAN JANUARI 2019
    YUK GABUNG UNTUK INFO LEBIH LANJUT SILAKAN HUBUNGI KONTAK DI BAWHA INI

    PIN BBM : 7AC8D76B
    WA : 08122221680

    BalasHapus