Senin, 03 Juni 2013

Permainan Menara Manusia (human Tower)

Human Tower (Menara Manusia) merupakan permainan yang mengandalakan kerjasama dan tanggung jawab setiap peserta. Permainan ini dikerjakan dengan tim. Jumlah tim paling sedikit 5  sampai 10 orang tiap timnya. Dari sepuluh orang tersebut, dibangun sebuah menara. Permainan ini memerlukan strategi siapa yang akan menjadi  orang paling bawah dan siapa yang akan menjadi orang paling atas. Hal ini bertujuan agar pada saat permainan berlangsung tidak terjadi kecelakaan, atau terluka. Oleh karena itu, pemilihan siapa yang akan berada paling bawah ataupun paling atas harus dipertimbangkan dengan baik. Permainan ini membutuhkan kerjasam, gotong royong dan tanggung jawab yang baik dari setiap individu dalam tim.

PERALATAN
Tidak ada perlatan yang digunakan untuk permainan ini.

CARA BERMAIN
Untuk melakukan permainan ini tidaklah sulit, namun aspek keselamatan dan pemilihan siapa yang akan berada pada posisi paling bawah dan atas mejadi faktor terpenting dan harus diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan dan kecelakan pada saat permainan. Berikut adalah cara bermain untuk permainan Menara Manusia.

Gambar : Proses Permainan Menara Manusia (Human Tower)
  1. Sebelum peserta memulai membangun menara, mereka diberi waktu untuk membuat strategi (menentukan siapa yang akan berposisi paling bawah dan paling atas). Berilah waktu sekitar lima menit.
  2. Setelah dirasa cukup, selanjutnya ingatkan pada para peserta untuk bersiap-siap. Berilah waktu 5 samapai 8 Menit untuk dapat membuat sebuah menara manusia.
  3. Tim yang paling cepat pertama membentuk sebuah menara manusialah yang menjadi pemenang.


MAKNA PERMAINAN
Makna dalam permainan ini adalah Kerjasama, gotong royong (saling membahu) serta sikap tanggung jawab merupakan faktor terpenting dalam membangun kualitas diri setiap peserta permainan. Bertanggung jawab bahwa diri kita mempunyai hak untuk berkembang dan menemukan potensi diri kita. Oleh karena itu, permainan tersebut mencerminkan bahwa meneara adalah sesuatu yang tinggi, dan ketinggian tidak dapat dicapai ketika tidak ada tanggung jawab dan kerjasama dari setiap orang yang berada dalam menara tersebut.

Demikian artikel tentang permainan edukatif Human Tower (Tower Manusia) semoga dapat mejadi bahan referensi dan ide untuk kita semua dalam mengembangkan potensi wisata dan penerapan pendidikan secara edukatif untuk mengembangkan potensi dan mental positif bagi putra putri kita. Karena dengan permainan kita dapat mengajarkan nilai-nilai pendidikan secara nyata, dan mudah untuk dipelajari baik secara sadar ataupun tidak.

Sumber:
  1. Malahayati, Murti Tendi Krishna,"50 Permainan Edukatif untuk Mengembangkan Potensi dan Mental Positif", PT. Citra Aji Parama, Yogyakarta, 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar