Senin, 03 Juni 2013

Permainan Edukatif Kereta Manusia Buta

Gambar : Permainan Kereta Manusia Buta
Sumber : http://smabss.com/wp-content/uploads/2013/03/outbound3.jpg
Mungkin kita bertanya-tanya, Kereta Manusia Buta.? apakah itu kereta manusia untuk orang buta.? tentu tidak, jenis permainan ini sebenarnya bukan permainan untuk anak-anak ataupun orang-orang buta, akan tetapi jenis permainan dimana para pemainya berbaris dan 1 (satu) orang sebagai pemimpin yang akan mengarahkan para anggota-anggotanya untuk melakukan atau menjalankan perintah dari pemimpinnya. Sebenarnya permainan ini seperti permainan kereta manusia. Namun, mata seluruh peserta (anggota pemain) harus ditutup oleh kain penutup, kecuali 1 orang yang ada paling depan. Ia akan menjadi pemimpin dalam permainan tersebut dan menjalankan kereta manusia but. Karena anggota-angota dari kelompok pemain tersebut menggunakan kain penutup mata maka permainan ini dinamakan "Kereta Manusia Buta".


PERALATAN
Sebenarnya peraltan yang digunakan untuk melakukan permainan ini sangat simpel yaitu menggunakan kain atau syal yang dapat digunakan untuk menutupi mata peserta permainan tersebut. Jadi tidak harus repot.

CARA BERMAIN
Sebenarnya cara ataupun metode permaian pada jenis permainan ini sangat mudah, berikut adalah tatacara ataupun aturan permaian Kereta Manusia Batu:
  1. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok (min 2 Kelompok)
  2. Setiap kelompok diharuskan menunjukan satu orang untuk menjadi pemimpin yang akan diletakkan paling depan.
  3. Setelah dirasa cukup. fasilitator memberikan aba-aba untuk menutup seluruh mata peserta (anggota). Setelah itu mereka dipersilahkan untuk berbaris sesuai dengan kelompok masing-masing dan memegang pundak peserta yang ada di depannya.
  4. Ketua mengomando kepada para pesertanya agar mengikuti perintahnya, untuk melewati setiap hulu rintangan yang ada.
  5. Kelompok yang paling cepat menuju garis finish dan tidak melakukan kesalahan yang akan menjadi pemenang dari permainan ini.

MAKNA PERMAINAN
Dalam permainan ini, peserta yang bertindak sebagai pemimpin akan mengarahkan anggotanya untuk mengikuti instruksinya. Peserta yang memanjang menyebabkan sulit untuk diatur. Oleh karena itu, pemimpin harus menggunakan strateginya dalam membawa anggota (peserta) menuju garis finish dengan selamat. Hal ini menuntut kedisiplinan para peserta permaianan dan pemimpin dalam memimpin para anggotanya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi bahan acuan dan referensi dalam mengengambangkan dan mengasah keterampilan putra putri anda dalam memilih permaian yang bermanfaat serta melatih dan mengembangkan potensi dan mental positif dari putra putri anda dengan memilih permainan yang Edukatif.

Sumber:
Tulisan
  1. Malahayati, Murti, Tedi Kusnandar, "50 Permainan Edukatif untuk Mengembangkan Potensi dan Mental Positif", PT. Citra Aji Pratama, Yogyakarta 2012.

Gambar

3 komentar:

  1. NEW PROMO S1288POKER PROMO CASHBACK DEPOSIT 10% S1288POKER KHUSU BULAN JANUARI 2019
    YUK GABUNG UNTUK INFO LEBIH LANJUT SILAKAN HUBUNGI KONTAK DI BAWHA INI

    PIN BBM : 7AC8D76B
    WA : 08122221680

    BalasHapus