Kamis, 23 Oktober 2014

Permainan Pipa Bocor

Pipa Bocor.? Mungkin yang terpikir dalam benak kita adalah instalasi pipa air leadeng rumah yang menglamai kebocoran. Tentu saja buka itu yang saya maksud. Akan tetapi lebih kepada sebuah pipa yang berdiameter sedang (5" samapai 10") yang sengaja dilubangi, sehingga berapapun air yang akan dimasukkan kedalam pipa tersebut akan habis karena bocor.
Gambar 1.1 Permainan Pipa Bocor
sumber : http://www.jogjaoutboundsociety.com/

Seperti namanya "Permainan Pipa Bocor", permainan ini merupakan permainan yang penuh dengan kerja sama, "Loh kog bisa.?" tentu saja bisa. Karena tanpa kerjasama, permainan ini tidak akan pernah bisa diselesaikan. Permainan pipa bocor ini adalah permainan yang dilakukan dengan tujuan bagaimana caranya setiap tim mampu mengeluarkan bola plastik (bola pimpong) dari dalam pipa bocor tersebut. Nah pasti kita semua penasaran buka seperti apa jenis permainan ini.?
Baik berikut adalah peralatan dan cara (metode) permainan pipa bocor yang penulis maksud.


PERALATAN
Peralatan yang dibutuhkan dalam permainan ini tidaklah sulit untuk kita dapatkan, karena perlatan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
  1. Pipa Besar yang sudah diberi lubang secara acak, serta sisi salah satu pipa ditutup dengan menggunakan penutup pipa tersebut agar air yang dimasukkan nantinya tidak langsung jatuh ketanah tapi tertampung di dalam pipa.
  2. Bola plastik (bola pimping yang lebih ideal) ataupun bola plastik yang berukuran lebih kecil dari diameter pipa.
  3. Ember untuk menampung air dan gayung untuk mengambil air dari ember dan dituangkan kedalam pipa tabung.
CARA BERMAIN
Untuk melakukan permainan ini tidaklah sulit, berukut adalah tatacara (prosedur) untuk melakukan permainan ini:
  1. Fasilitator memberikan arahan tentang permainan ini serta memberikan peralatan permainan seperti Pipa yang sudah diberikan lubang secara acak, Bola plastik, ember yang sudah terisi air, dan gayung.
  2. Setiap peserta terdiri dari 4 atau lebih sesuai dengan bentuk dan desain pipa, semakin banyak lubang dan tingginya pipa maka jumlah pemain dalam satu tim juga banyak.
  3. Setiap tim diberikan waktu untuk berdiskusi untuk memilih ketuanya dan mendiskusikan strategi apa yang harus mereka lakukan.
  4. Setelah waktu yang diberikan selesai maka fasilitator meniupkan peluit, yang bertanda bahwa permainan dimulai.
  5. Tim yang pertama sekali dapat mengeluarkan bola plastik (bola pimpong) dari dalam pipa merupakan tim yang menang.


Bagaimana mudah bukan untuk melakukan permainan ini.?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar