Kamis, 25 Juli 2013

Langkah-langkah Penyusunan Prota, Promes, RKM, RKH untuk TK/PAUD

Tidak ada komentar:

Menentukan langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan dan harian dalam kegiatan pengembangan di TK/PAUD

Langkah-langkah penyusunan program semester:

  1. Mempelajari dokumen kurikulum yakni pedoman pengembangan program pembelajaran.
  2. Memilih tema yang akan digunakan untuk setiap kelompok dalam setiap semester dan menetapkan alokasi waktu untuk setiap tema dengan memperhatikan keluasan cakupan pembahasan tema dan minggu efektif TK.
  3. Identikfikasi tema menjadi sub tema
  4. Tema-tema yang dipilih dan hasil identifikasi tema menjadi sub tema dapat dibuat dalam bentuk table pada setiap awal tahun pelajaran.

Langkah-langkah penyusunan RKM model pembelajaran kelompok dengan sudut pengaman

  1. Memilih tema dan merinci sub tema
  2. Menentukan kegiatan sesuai bidang pengembangan yaitu nilai-nilai agama dan moral, social emosional,bahasa,kognitif dan fisik
  3. Membuat matriks hubungan antara tema,bidang pengembangan dan kegiatan
  4. Menentukan pelaksanaan kegiatan dalam satu minggu dari hari senin s/d jumat atau sabtu

RKM model pembelajaran berdasarkan minat :  

  1. Memilih tema dan merinci sub tema 
  2.  Menentukan kegiatan sesuai dengan minat pada model pengembangan sudut/area/sentra
  3. Membuat matriks hubungan antara tema,sub tema dan kegiatan
  4. Menentukan aloksai waktu untuk setiap RKM
  5. Menentukan pelaksanaan kegiatan dalam satu minggu dari hari senin sampai jumat dan sabtu.

Perencanaan harian merupakan penjabaran dari RKM, RKH terdiri dari :

  1. Kegiatan pembukaan yang merupakan kegiatan pemanasan dan dilaksanakan secara klasikal.
  2. Kegiatan inti yang dapat mengaktifkan perhatian,kemampuan,social emosional,
  3. Istirahat makan merupakan kegiatan untuk mengisi kemampuan anak yang berkaitan dengan makan.
  4. Kegiatan penutup adalah kegiatan penenanganyang dilaksanakan secara klasikal.

Langkah-langkah penyusunan RKH model pembelajaran kelompok dengan kegiatan pengaman:

  1. Memilih indicator yang sesuai dalam RKM untuk dimasukkan ke RKH,penulisan indicator dalam RKH diberi keterangan bidang pengembangan.
  2. Memilih kegiatan kedalam kegiatan awal,kegiatan inti dan kegiatan akhir. Pada kegiatan inti kegiatan pembelajaran dibagi kelompok sesuai program yang direncanakan.
  3. Memilih metode yang sesuai dengan kegiatan yang dipilih
  4. Memilih alat/sumber belajar yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.
  5. Memilih dan menyusun alat penilaian yang dapat mengukur ketercapaian indicator
  6. Merencanakan penataan lingkungan belajar dan bermain.

Langkah-langkah penyusunan RKH berdasarkan minat :

  1. Memilih dan menata kegiatan kedalam RKH
  2. Memilah kegiatan yang dipilih kedalam keg.awal,keg.inti dan kegiatan akhir
  3. Pada kegiatan inti,kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan minat (area) yangn akan dilaksanakan.
  4. Memilih metode yang sesuai dengan kegiatan yang dipilih.
  5. Memilih alat/sumber belajar yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.
  6. Memilih dan menyusun alat penilaian yang dapat mengukur ketercapaian hasil belajar atau indicator.